BERIKUT CONTOH SOAL AKM LITERASI SAINS TINGKAT SMA DAN PEMBAHASANNYA

BERIKUT CONTOH SOAL AKM LITERASI SAINS TINGKAT SMA DAN PEMBAHASANNYA

Teks dan soal untuk akm literasi sains SMA di bawah ini bersumber dari:

 

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu

Kebanyakan tenaga angin modern dihasilkan dalam bentuk listrik dengan mengubah rotasi dari pisau turbin menjadi arus listrik dengan menggunakan generator listrik. Pada kincir angin, energi angin digunakan untuk memutar peralatan mekanik untuk melakukan kerja fisik, seperti menggiling bulir padi atau memompa air.

Tenaga angin digunakan dalam ladang angin skala besar penghasil listrik nasional dan juga dalam turbin individu kecil untuk menyediakan listrik di lokasi yang terisolasi. Tenaga angin juga banyak jumlahnya, tidak terbatas, tersebar luas, bersih dan mengurangi efek rumah kaca. Di Indonesia sendiri, pembangkit listrik yang memanfaatkan tenaga angin sering disebut dengan pembangkit listrik tenaga bayu.

Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Angin

Sebuah pembangkit listrik dari energi angin merupakan hasil dari penggabungan dari beberapa turbin angin sehingga akhirnya dapat menghasilkan listrik. Cara kerja dari pembangkit listrik tenaga bayu ini adalah awalnya energi angin memutar turbin angin.

Turbin angin bekerja berkebalikan dengan kipas angin. Turbin tidak menggunakan listrik untuk menghasilkan listrik, tetapi menggunakan angin untuk menghasilkan listrik. Caranya, angin akan memutar sudut turbin, lalu diteruskan untuk memutar rotor pada generator di bagian belakang turbin angin.

Generator mengubah energi gerak menjadi energi listrik dengan teori elektromagnetik, yaitu poros pada generator dipasang dengan material feromagnetik permanen. Setelah itu, di sekeliling poros terdapat stator yang bentuk fisisnya adalah kumparan-kumparan kawat yang membentuk loop.

Ketika poros generator mulai berputar, akan terjadi perubahan fluks ini akan dihasilkan tegangan dan arus tertentu. Tegangan dan arus listrik yang dihasilkan ini disalurkan melalui kabel jaringan listrik untuk akhirnya digunakan oleh masyarakat.

Tegangan dan arus listrik yang dihasilkan oleh generator ini berupa AC (alternating current) yang memiliki bentuk gelombang kurang lebih sinusodial. Energi listrik ini biasanya disimpan ke dalam baterai sebelum dapat dimanfaatkan.

BERIKUT SOAL AKM LITERASI SAINS TENTANG PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BAYU

Berdasarkan teks, manakah pernyataan berikut ini yang benar tentang listrik tenaga angin?

Jawabannya:

BERIKUT PEMBAHASAN SOAL AKM LITERASI SAINS TENTANG PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA BAYU. Kita bahasa atau kita bedah per pernyataan.

Pernyataan pertama yang berisi tentang : Tenaga angin terbatas jumlahnya, tersebar di wilayah tertentu, bersinar dan menambah efek rumah kaca.

Berdasarkan teks Pembangkit Listrik Tenaga Bayu, maka pernyataan pertama ini TIDAK BENAR. Hal ini dapat kita cek kebenarannya pada paragraf kedua. Dimana isi paragraf kedua baris kedua sebagai berikut:

Maka dapat disimpulkan bahwa pernyataan pertama adalah : SALAH.

                Pernyataan kedua yang berisi tentang : pada kincir angin, energi angin digunakan untuk memutar peralatan mekanik untuk melakukan kerja fisik.

Berdasarkan teks Pembangkit Listrik Tenaga Bayu, maka pernyataan kedua ini BENAR. Hal ini dapat kita cek kebenarannya pada paragraf pertama. Dimana isi paragraf pertama baris kedua sebagai berikut:

Maka dapat disimpulkan bahwa pernyataan kedua adalah : BENAR.

                Pernyataan ketiga yang berisi tentang : Karena kebutuhan ruang dan volume angin yang berlimpah, listrik tenaga angin akan sangat bermanfaat di perumahan di pedesaan.

Berdasarkan teks Pembangkit Listrik Tenaga Bayu, maka pernyataan ketiga ini KURANG TEPAT. Karena berdasarkan teks tersebut diatas, tidak ada pernyataan yang menyatakan tentang Karena kebutuhan ruang dan volume angin berlimpah, listrik tenaga angin sangat bermanfaat di perumahan di pedesaan.

Maka dapat disimpulkan bahwa pernyataan ketiga adalah SALAH.

 

Pernyataan keempat yang berisi tentang: Listrik tenaga angin sangat praktis untuk pemenuhan kebutuhan udara segar dan bersih di tempat tinggal.

Berdasarkan teks Pembangkit Listrik Tenaga Bayu, maka pernyataan keempat ini KURANG TEPAT. Karena berdasarkan teks tersebut diatas, tidak ada pernyataan yang menyatakan tentang Listrik tenaga angin sangat praktis untuk pemeneuhan udara segar dan bersih di tempat tinggal.

Maka dapat disimpulkan bahwa pernyataan keempat adalah SALAH.

 

Dari teks tersebut, listrik tenaga angin dimanfaatkan untuk kebutuhan apa saja?

Kamu bisa memilih lebih dari satu jawaban.

Berdasarkan teks Pembangkit Listrik Tenaga Bayu diatas, maka dapat diketahui bahwa listrik tenaga angin dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan: menggiling padi, memompa air, menyediakan listrik di wilayah terisolasi/terpencil. Hal ini dapat kita lihat pada teks:

Dari infografis dan teks terdapat kutipan: “Pada kincir energi angin digunakan untuk memutar peralatan mekanik untuk melakukan kerja fisik, seperti menggiling bulir padi atau memompa air.” Apa maksud kalimat tersebut dikaitkan dengan kalimat sebelumnya ?

Jawaban:

Sebelumnya coba diperhatikan terlebih dahulu keseluruhan dari kalimat tersebut:

Maka maksud kalimat “Pada kincir energi angin digunakan untuk memutar peralatan mekanik untuk melakukan kerja fisik, seperti menggiling bulir padi atau memompa air” bila dikaitkan dengan kalimat sebelumnya adalah untuk menunjukkan kontras atau perbedaan serta contohnya.

 

Dari infografis, selain angin apa saja yang dibutuhkan agar listrik tenaga angin bisa tersalurkan atau digunakan oleh manusia ?

Jawaban:

Dari infografis, selain angin, yang dibutuhkan agar listrik tenaga angin bisa tersalurkan atau digunakan oleh manusia adalah: kincir angin, turbin, generator, transformer, distribusi (menara kabel), lampu di rumah.

 

 

Salverius Jagom

Guru Fisika Di SMA Negeri 2 Nubatukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.