CARA SEMUT MENEMUKAN GULA

 

Terkadang kita terkejut dengan kehadiran segerombolan semut saat mengambil gula dari wadah penyimpannya ketika hendak membuatkan kopi atau teh. Dimana saja kita meletakan wadah yang berisi gula, semut selalu berhasil menemukannya. Pernahkah kita bertanya, bagimana semut menemukan gula? Bagaimana caranya sehingga semut dapat menemukan gula? Berikut ini penjelasannya:

Sebelum kita mengetahui cara semut menemukan gula, alangkah baiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang semut.

Semut adalah salah satu jenis serangga yang ada di bumi. Semut terdiri dari sekitar 12.000 spesies. Tubuh semut terdiri dari kepala, dada yang disebut dengan mesosoma, dan perut atau metasoma. Pada kepala semut, terdapat antena. Antena ini berfungsi untuk alat komunikasi, juga sebagai alat untuk mendeteksi keberadaan gula/makanan lainnya.

Ketika semut pekerja pergi melakukan pekerjaan, mereka mengeluarkan feremon, senyawa kimia hidrokarbon yang berperan sangat penting saat melakukan aktivitas mereka (bekerja). Salah satu peran penting dari feremon adalah sebagai jejak langkah mereka. Misalkan seekor semut A berhasil menemukan gula, maka ia segera pulang ke sarangnya dengan meninggalkan jejak. Jejak yang ditinggalkan oleh semut A biasanya tidak lurus tapi berkelok-kelok. Bila ada semut lain yang menemukan jejak tersebut, mereka bergegas ke tempat gula/makanan yang telah ditemukan semut A. Kemudian bergotong royong membawanya ke sarang mereka.

 

Nah, sekarang sudah tahukan bagaimana cara semut menemukan gula? Selamat buat kamu, sebab ilmumu bertambah.

Salverius Jagom

Guru Fisika Di SMA Negeri 2 Nubatukan