Soal AKM Literasi Tingkat SMA dan Pembahasannya

Contoh Soal AKM Literasi Tingkat SMA

Indikator : Mengukur Kemampuan Literasi Peserta Didika

Soal-soal dibawah ini merupakan soal-soal yang diuji coba pada saat simulasi UN tahun 2019/2020

Soal Akm lainnya dapat diklik di sini : https://mejaguru.net/latihan-soal-akm-literasi-tingkat-sma-mengukur-kemampuan-numerasi-prediksi.htm

 

EVAN, UTANG & GAYA HIDUP

Selepas makan siang ini, Evan segera kembali ke kantor. Namun, dalam perjalanan tiba-tiba dia melihat sebuah sepatu yang sangat bagus, tanpa pikir panjang Evan menuju toko tersebut dan melihatnya. “Wuah…bagus, bisa pamer ke teman-teman ni!” teriaknya dalam hati. “tapi kenapa harganya mahal sekali?” keluhnya. Evan masih berpikir apakah akan membelinya atau tidak karena bulan tersebut banyak taghan yang perlu dibayarkan. Tiba-tiba telepon Evan bergetar. Sebuah pesan masuk yang isinya tagihan bulan lalu yang harus dibayar. Membaca pesan tersebut membuat Evan menjadi bingung.

 

Tahukah kalian jika orang yang suka memaksakan gaya hidupnya tetapi tidak menyadari kondisi keuangannya yang kurang baik, maka orang tersebut dapat dikategorikan orang yang memiliki rasa inferior. Biasanya, saat seseorang memiliki rasa inferior, dia ingin naik ke atas. Bentuknya dengan ikut bergaya agar ada pengakuan. Orang yang memiliki rasa inferior itu rupanya ingin menjadi sosok yang superior dengan menggunakan barang mewah dan mahal meski tak sesuai dengan kemampuan finansialnya. Sehingga dia sendirilah yang akan bingung menanggung utang dari keinginannya untuk bergaya.

 

Usia muda diidentikan dengan kebebasan untuk melakukan apa saja. Tetapi jika sudah menyangkut keuangan, apakah tetap akan seperti itu? Anak zaman sekarang cenderung tidak memedulikan hal finansial sehingga beberapa dari mereka akan kebingungan karena dikejar-kejar utang.

 

Jika kalian bisa mengelola dengan baik antara penghasilan dan pengeluaran, tidak akan menjadi masalah, tetapi jika tidak mampu mengelola dengan baik, bagaimana? Mungkin kalian harus menghindari lingkungan yang memaksakan kalian untuk melakukan hal itu, seperti merasa wajib bergaya dan berfoya-foya. Dan jangan sampai pandangan kalian mulai kabur antara kebutuhan dan keinginan.

 

Sampai saat ini masih banyak anak-anak muda yang berani mencari utang sana sini demi gaya hidup. Jadi, gaya bukanlah jawaban untuk meningkatkan harkat hidup! Faktanya cukup dengan ilmu pengetahuan, kepercayaan diri, dan sopan santun, sudah menjadi sosok yang jauh lebih berarti.

 

Soal Pertama

Klik pada beberapa pilihan jawaban!

Evan ingin membeli sepatu baru edisi terbatas padahal dia memiliki banyak tagihan utang. Mengapa Evan bertindak demikian?

Jawabannya :Sebelum menjawab pertanyaan diatas. kita lihat lagi informasi tentang Eva, Utang dan Gaya Hidup.

“Wuah…bagus, bisa pamer ke teman-teman ni!” teriaknya dalam hati.

Perhatikan percakapan Evan di dalam hatinya. Maka dapat disimpulkan, bahwa Evan ingin membeli sepatu baru edisi terbatas padahal dia memiliki banyak tagihan utang, karena dia hanya ingin diakui oleh temannya.

jadi kita klik pada tombol ke dua, yang berisi pernyataan Dia hanya ingin diakui oleh temannya.

 

Soal Kedua

Klik pada satu pilihan jawaban kemudian ketik alasanmu di dalam kotak jawaban!

Evan membeli sepatu karena ingin pamer ke teman-temannya. Menurut Risa dan Doni tindakan Evan salah. Risa berpendapat bahwa penampilan sangat penting untuk menunjang pekerjaan, sedangkan Doni berpendapat bahwa ilmu dan kepribadian lebih penting daripada penampilan.

Pendapat siapakah yang kamu pilih?

saya memilih pendapat Doni.

Jelaskan alasanmu!

Alasan saya adalah Dengan ilmu dan kepribadian yang baik, dapat mendorong kita berprestasi dalam berkarir.

Salverius Jagom

Guru Fisika Di SMA Negeri 2 Nubatukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.