Contoh Soal AKM Literasi Tingkat SMA: Mengukur Kemampuan Literasi-Bagian 2

Contoh Soal AKM Literasi Tingkat SMA: Mengukur Kemampuan Literasi-Bagian 2

Soal-soal dibawah ini merupakan soal-soal yang diuji coba pada saat simulasi UN tahun 2019/2020

DIKEMBANGKAN, JARINGAN LISTRIK TANPA KABEL

Ide untuk mengirim listrik ke lokasi yang jaraknya jauh lewat laser dan balon penerima khusus bisa membantu menyediakan energi darurat di kawasan yang sangat membutuhkan.

Stephen Blank, peneliti dari New York Institute of Technology berencana untuk menggunakan areostats, balon-balon kelas militer, untuk mengirimkan listrik sebanyak ratusan kilowatt ke lokasi yang jaraknya mencapai ratusan kilometer.

Sinar laser akan mengirimkan ke areostats melalui kabel serat optik. Areostats kemudian akan memancarkan listrik tersebut ke areostats lain yang berada di tempat tujuan. Setiba di tujuan, sinar berenergi tinggi ini akan dikonversi balik menjadi listrik dan dikirimkan ke stasiun di darat menggunakan kabel.

Menurut Blank, pada mulanya alat ini dikembangkan untuk menghadirkan listrik ke kawasan yang sedang tertimpa bencana, seraya mencontohkan kasus topan Haiyan yang terjadi di Filipina baru-baru ini.

 

“Anda bisa mengirimkan pesawat pengangkut ke pesisir Filipina. Dengan generator nuklir, listrik kemudian dipancarkan ke tempat-tempat yang membutuhkan,” sebut Blank yang akan mempresentasikan konsep listrik nirkabel ini pada Maret tahun depan (2014).

Tujuan utama dari konsep ini adalah menciptakan pembangkit listrik tenaga surya yang digelar di luar angkasa. Listrik kemudian dikirimkan ke Bumi lewat laser dari stasiun orbit.

 

Menurut Reza Zekavat, peneliti dari Michigan Technologi University, penelitian maju seperti ini sudah dilaksanakan di Jepang. Sebuah proyek senilai Rp. 251 triliun sudah digelar. Tujuannya adalah menempatkan pembangkit listrik tenaga surya berkapasitas 1 gigawatt di luar angkasa dalam 30 tahun ke depan.

 

Untuk masa depan, listrik tanpa kabel dikembangkan agar dapat beroperasi seperti jaringan internet nirkabel (wifi) yang menggunakan medan magnet. Jaringan wifi ini selama ini populer karena hanya dengan satu klik, perangkat digital sudah terhubung dengan internet. Selain itu, jaringan ini telah lasim digunakan di berbagai tempat seperti di perusahan dan di universitas.

 

Teknologi listrik nirkabel ini diharapkan dapat digunakan pada perangkat rumah tangga. Sehingga menyalakan lampu, televisi, kulkas dan mesin cuci akan semudah seperti gawai terhubung dengan jaringan wifi.

 

Klik pada satu pilihan jawaban!

Tujuan awal dikembangkannya areostats di daerah bencana adalah sebagai ….

Klik pada satu pilihan jawaban!

Mengapa penulis mencantumkan peristiwa Topan Haiyan di Filipina?

Klik pada satu pilihan jawaban!

Mengapa penulis menyatakan bahwa menggunakan listrik nirkabel semudah menghubungkan gawai dengan jaringan Wifi?

Salverius Jagom

Guru Fisika Di SMA Negeri 2 Nubatukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *