Contoh Soal AKM Literasi Tingkat SMA: Mengukur Kemampuan Literasi-Bagian 4

Contoh Soal AKM Literasi Tingkat SMA: Mengukur Kemampuan Literasi-Bagian 4

Contoh soal-soal AKM (Asesmen Kompetensi Minimum) dan Survei Karakter sebagai pengganti Ujian Nasional.

Soal-soal dibawah ini merupakan soal-soal yang diuji coba pada saat simulasi UN tahun 2019/2020

Berberapa bulan terakhir ketika mempersiapkan ujian akhir tahun, Dina ingin terus makan. Semakin lama Dina semakin kuatir sehingga dirinya mulai mencari-cari informasi tentang perilaku makannya yang tidak terkontrol. Dina menemukan sebuah artikel yang membahas perilaku makannya yang tidak terkontrol.

 

Apa sih, Binge Eating?

Teman sehat, kamu pernah dengan ngga istilah binge eating atau ‘ngga bisa berhenti makan’? yap, mungkin sebagain dari kamu menganggap hal ini Cuma mitos saja. Padahal benar ada, loh! Bukan Cuma alasan untuk menjustifikasi kerakusan seseorang. Tapi tahukah kamu? Bahwa ada suatu kondisi nyata yang menyebabkan seseorang ngga bisa berhenti makan, keadaan ini disebut dengan binge eating. Apa sih binge eating? Yuk, simak penjelasannya di sini!

 

Tidak bisa berhenti makan atau binge eating merupakan suatu keadaan seseorang tidak bisa mengontrol waktu mengonsumsi makanannya. Keadaan ini merupakan suatu ketidaknormalan psikologi yang memungkinkan seseorang mempunyai ‘jendela’ atau waktu makan yang tidak terduga.

 

Seseorang dengan keadaan ini, bisa makan tanpa dikontrol dengan jumlah makanan yang sangat banyak dan tidak berusaha melakukan perlawanan terhadap tubuhnya, seperti berusaha memuntahkannya kembali atau berolahraga. Sehingga, berat badannya akan naik drastis dan menimbulkan ketidakpuasan terhadap diri sendiri.

 

Tidak bisa berhenti makan merupakan jenis penyimpangan pola makan yang paling banyak diderita. Sebanyak 1 dari 35 orang dewasa, atau sekitar 2,8% menderita penyimpangan pola makan ini. Tanda seseorang mengalami binge eating, mereka cenderung makan sangat cepat dengan jumlah yang banyak, sekaligus tetap makan ketika sudah kenyak atau ketika tidak lapar, merasa bersalah karena makan terus menerus dan makan dengan cara sembunyi-sembunyi.

 

Seseorang mengalami binge eating akan berhadapan dengan beberapa resiko kesehatan, seperti berat badan bertambah, obesitas, sakit jantung, sakit stroke, diabetes tipe 2 dan berisiko terkena kangker.

Pada dasarnya, keadaan ini berasal dari keadaan psikologi yang kurang sehat. Meskipun penyebabnya berasal dari banyak faktor, tapi sebuah penelitian menyebutkan bahwa kombinasi antara pengaruh sosial terkait kebiasaan makan, pengalaman masa kecil, dan kecanduaan makanan adalah salah satu penyebabnya. Nah, untuk itu salah satu cara penyembuhan keadaan ini adalah dengan terapi psikologis. Selain melalui terapi psikologis, cara lain yang dapat ditempuh untuk menghentikan kecanduan dengan memulai kebiasaan tidur cukup, mempersiapkan buku harian untuk menuliskan kegiatan apa yang telah dilalui selama sehari dan memilih makanan sehat.

 

Pada keadaan normal, waktu makan seseorang adalah 3 kali makan besar dan 2 kali makan ringan. So, teman sehat jika hal ini terjadi pada orang dekat kamu, ingatkan dan ajaklah mereka untuk memulai pola makan yang baik. Jika hal ini ngga berhasil, kamu bisa membantunya pergi ke terapis untuk menyelesaikan masalah ini. Jangan anggap biasa masalah ini, ya!

 

Manakah pernyataan yang tepat tentang cara penyembuhan kecanduan makanan atau binge eating?

Manakah pernyataan berikut yang sesuai dengan ‘tidak bisa berhenti makan’?

Perhatikan informasi fenomena binge watching dalam bentuk grafis berikut ini!

Apakah persamaan isi dari teks Apa sih, Binge Eating?  Dan infografis fenomena binge watching!

Coba bayangkan jika Dina mengalami kecanduan makanan (binge eating) dan kecanduan dalam melihat tayangan di televisi ( binge watching).

Bantulah Dina untuk menentukan dampak dari kecanduan makanan (binge eating) dan kecanduan dalam melihat tayangan di televisi ( binge watching) yang ada pada tabel berikut dengan klik pada tombol jawaban yang telah tersedia dalam tabel tersebut.

Pilih salah satu jawaban dan ketikkan alasanmu!

Cermatilah teks Apa sih, Binge Eating?  Dan infografis fenomena binge watching !

Menurutmu, manakah yang lebih berbahaya?

Jelaskan alasanmu!

Beberapa hari berlalu….

Ketika Dina sedang di sekolah, matanya tertuju pada Fira yang sedang asyik bermain telepon pintar. “Fira, kamu lagi ngapain sih?” Tanya Dina. “Aku sedang lihat serial drama, jangan ganggu!” jawab Fira dengan wajah sedikit kesal. Dina kemudian teringat dengan perkataan temannya bahwa Fira kini lebih suka diam sambil melihat serial drama di layar telepon pintarnya. Setiap istirahat atau ada jam kosong, Fira pasti sedang melihat drama. Kata teman-temannya setiap Sabtu dan Minggu Fira kini lebih suka diam di rumah menghabiskan waktu menonton serial drama. Rata-rata setiap serial drama yang ditonton Fira terdiri dari 16 sampai 24 episode dengan rentang waktu 1 jam per episode.

 

Menurut Dina, Fira telah mengalami binge watching . berikan alasan yang mendukung pernyataan Dina !

 

Salverius Jagom

Guru Fisika Di SMA Negeri 2 Nubatukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.