Gaya Angkat Sayap Pesawat Terbang

Gaya angkat sayap pesawat terbang.

Sebuah pesawat terbang dapat mengudara di angkasa karena kelajuan udara yang melalui sisi atas sayap pesawat lebih besar daripada sisi sayap pesawat bagian bawah.


Penampang sayap pesawat terbang dibuat tampak seperti pada gambar berikut;

Bagian belakang penampang sayap pesawat terbang terlihat lebih datar dibanding pada bagian depan. Selain itu, sisi penampang sayap bagian atas lebih melengkung dibanding pada bagian bawahnya.

Bentuk ini mengakibatkan garis arus fluida (udara) lebih rapat bagian dibagian atas, dibanding dengan bagian bawah sayap, hal ini mengakibatkan kecepatan aliran udara bagian atas lebih besar daripada di bagian bawah. Akibat dari perbedaan kecepatan aliran udara ini mengakibatkan tekanan di atas sayap pesawat lebih kecil daripada tekanan pada bagian bawah sayap pesawat. Adapun perbedaan tekanan ini menimbulkan gaya angkat pesawat terbang, yang dirumuskan sebagai berikut;

Supaya pesawat dapat mengudara diangkasa, maka gaya angkat pesawat harus lebih besar daripada berat pesawat, sementara agar pesawat dapat melayang dengan ketinggian tetap, gaya angkat pesawat dan gaya berat pesawat bernilai sama.

 

Salverius Jagom

Guru Fisika Di SMA Negeri 2 Nubatukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.