Contoh Soal ( PREDIKSI )  AKM Literasi Tingkat SMA: Mengukur Kemampuan Numerasi

Contoh Soal ( PREDIKSI )  AKM Literasi Tingkat SMA: Mengukur Kemampuan Numerasi

Soal-soal dibawah ini merupakan soal-soal PREDIKSI yang disusun sebagai referensi belajar peserta didik dalam mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian ASESMEN KOMPETENSI MINIMUM [AKM].

AIR LAUT DAPAT DIMINIUM

Menurut organisasi PBB-WHO, secara global, sekitar 785 juta umat manusia kekurangan sumber air minum. Sedangkan dari situs resmi World Water Day menyebutkan; pada tahun 2050, akibat populasi dunia yang bertumbuh sekitar 2 miliar orang sehingga kebutuhan akan air meningkat 30 persen di banding hari ini, dimana terdapat 1,9 miliar orang hidup di area sulit air. Sementara itu, untuk Indonesia per 2018 terdapat 33,4 juta penduduk kekurangan air bersih.

 

Mengantisipasi krisis air bersih yang dari tahun ketahun meningkat, maka para ahli mulai berpikir untuk mengubah air laut yang melimpah menjadi air tawar yang aman diminum.

 

Dilansir dari Science Alert, para peneliti Australia menggunakan senyawa “kerangka logam-organik (MOF) bersama dengan sinar matahari. Saat ini, mereka mengembangkan MOF baru yang disebut PSP-MIL-53. Ketika material MOF terpapar matahari sekitar empat menit, maka akan melepaskan semua ion garam yang ada di air laut sehingga dapat dikonsumsi. Teknologi ini mampu menghasilkan 139,5 liter (hampir 37 galon) air bersih perhari per satu kilogram material MOF.

(Artikel diatas di olah dari sumber terpercaya yakni; cnn indonesia dan National Geographic Indonesia )

 

Klik pada satu pilihan jawaban!

Berapakah jumlah penduduk dunia saat ini yang kesulitan mengakses air bersih ?

Klik pada satu pilihan jawaban !

Apabila peneliti menggunakan 10 kilogram material MOF dalam satu minggu, berapakah volume air bersih yang dihasilkan?

 

Salverius Jagom

Guru Fisika Di SMA Negeri 2 Nubatukan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.